Gaya Rumah Minimalis Skandinavia yang Digemari

Memiliki rumah hunian dengan gaya minimalis pada saat ini mungkin saja menjadi pilihan kalian. Ya karena keuntungan yang akan kalian dapatkan dengan hunian minimalis. Selain simple dan juga desain yang cukup sederhana, hunian minimalis dapat kalian jadikan sebagai hunian yang akan memberikan kesan yang sangat luas bahkan sangat mewah. Tentu saja kalian siap dengan penataan yang sangat pas dengan hunian kalian. Salah satu gaya desain interior yang dapat kalian aplikasikan dalam rumah kalian adalah gaya skandinavia.

Sebuah gaya desain interior yang banyak dipengaruhi oleh modernitas dan gerakan Bauhaus. Gaya skandinavia merupakan gaya desain interior Login Sbobet paling populer di Eropa timur. Kesederhanaannya mampu memberikan keanggunan pada sebuah rumah. Gaya skandinavia sangat cocok diaplikasikan pada sebuah apartemen atau rumah yang memang didesain minimalis. Kenapa demikian? Ya, karena gaya ini mempunyai ciri dan sifat menciptakan kesan luas pada sebuah ruangan. Sehingga meskipun rumah bergaya minimalis tapi kesan luas dan lapang tetap dapat dihadirkan dengan gaya skandinavia. Jika kalian ingin meredecorate atau menata ulang desain interior rumah minimalis kalian dengan gaya skandinavia ini, ada baiknya kalian memahami ciri-ciri yang biasanya menyertai gaya skandinavia. Oh, ya bagi negara tropis, gaya skandinavia ini dapat juga dipadukan dengan gaya yang menonjolkan bukaan dalam desain interiornya. Berikut adalah ciri-ciri gaya skandinavia. Berikut diantaranya.

 

Penggunaan Warna yang Netral Pada Gaya Skandinavia

Salah satu ciri dominan yang dimiliki gaya skandinavia adalah penggunaan warna netral. Warna yang disarankan untuk gaya skandinavia adalah warna-warna netral seperti putih, abu-abu, hitam dan coklat. Aplikasi warna netral ini selain akan memberi kesan luas pada ruangan juga mampu memberikan efek ketenangan dan kenyamanan.

 

Optimalisasi Ruangan

Maksud dari optimalisasi ruangan ini adalah pengoptimalan setiap jengkal dari ruang yang ada. Perabot ditata dengan tetap memperhatikan kenyamanan gerak pemilik rumah dan siapa saja yang beraktivitas dalam ruangan tersebut. Upaya ini bisa dilakukan dengan mengaplikasikan perabot yang benar-benar fungsional. Untuk itu kalian dapat menjadikan kabinet dan rak sebagai storage dengan dekorasi yang tidak terlalu ramai. Menerapkan prinsip sedikit tapi maksimal dalam fungsi akan menjadikan ruangan selalu terlihat rapi dan nyaman.

Desain Gaya Scandinavia - ARSITAG

Aplikasi lantai bermaterial kayu juga dapat kalian jadikan pilihan untuk menciptakan kesan luas. Pengaplikasian lantai bermaterial kayu ini akan lebih maksimal dengan pemilihan warna cat putih untuk lantai tersebut. Karena warna putih mampu menerima cahaya secara optimal yang efeknya pada kesan luas yang diciptakannya. Tetapi jika kalian tidak ingin repot, kalian dapat mengaplikasikan keramik berwarna putih untuk lantai ruangan.

 

Minimalis Aksesoris Jendela

7 Ciri Khas Interior Rumah Skandinavia yang Memesona Sekaligus Menginspirasi | InteriorDesign.id

Hal ini dimaksudkan agar cahaya natural dapat lebih maksimal masuk dalam ruangan. Pilihlah tirai tipis dengan warna netral sebagai dekorasi jendela. Hindari penggunaan gorden yang tebal dan menjuntai ke bawah karena keberadaan gorden justru akan mempersempit ruangan. Apalagi dengan warna yang ramai.

 

Aplikasi Pada Tekstur Dinding

Pengaplikasin warna putih atau abu-abu pada dinding pada rumah minimalis tidak berarti kalian tidak boleh mengaplikasikan tekstur pada dinding. Justru pengaplikasian tekstur ini akan membuat ruangan menjadi lebih hidup. Tentu saja semuanya tidak boleh berlebihan yang justeru menjadikan ruangan menjadi ramai dan kesan anggun menjadi hilang.

 

Prinsip Hidup Rakyat Skandinavia

Prinsip hidup rakyat Skandinavia adalah Lagom. Lagom sendiri adalah seni kehidupan yang seimbang dan perasaan cukup. Orang Skandinavia memiliki perspektif hidup yang “pas-pasan”, sehingga mereka merasa cukup dan bersyukur dengan apa yang mereka sudah memiliki serta berusaha menjaga dan mengolah apa yang sudah ada sebelumnya.

Coba Deh, Aplikasikan Desain Skandinavia untuk Rumah Kamu | Rumah123.com

Hal ini berbanding terbalik dengan warga negara Eropa lainnya yang cenderung lebih ambisius. Ini menyebabkan negara-negara Skandinavia tidak sepopuler negara-negara di belahan Eropa lainnya. Namun poin plusnya, negara-negara Skandinavia jarang terlibat konflik politik dan tentu saja menjadi warga yang bahagia.

 

Desain Rumah Skandinavia

Selain dalam kehidupan sehari-hari, prinsip minimalis Lagom pun diterapkan dalam seni desain interior, khususnya desain interior rumah. Tren desain rumah ala Skandinavia pun kini semakin populer dan begitu digemari di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di Indonesia.

48 Desain Ruang Tamu Skandinavia, Interior Idaman Kekinian - Rumahku Unik

Meski sudah ada sejak sekitar tahun 1950-an, gaya interior skandinavia tampaknya memang selalu berhasil beradaptasi dan hampir selalu menunjukan kebaruan-kebaruan. Ia menjadi salah satu konsep interior minimalis kontemporer yang sangat cocok dalam kondisi apapun. Dalam artian, gaya skandinavia dan nordik ini selalu terlihat simpel, dinamis dan fungsional.

 

Memiliki Gaya Minimalis, Simpel, dan Fungsional

Minimalis, simpel dan fungsional adalah tiga karakteristik utama dari desain skandinavia. Gaya skandinavia terfokus pada simplicity dan functionality, namun tetap terlihat indah dan aesthetically pleasing. Dalam pilihan furniture misalnya, perabot yang digunakan adalah yang sangat sederhana, halus tanpa ornamen namun tetap terlihat modern dan modis.

Tips Merancang Ruang Keluarga yang Nyaman dan Bersahabat

Palet warna yang dipilih pun biasanya adalah warna-warna netral atau monokrom yang tidak mencolok seperti putih, abu-abu, hitam, atau coklat untuk menciptakan kesan yang tenang dan nyaman. Dan jika kalian ingin menambahkan aksen, kalian bisa mengkombinasikan warna-warna tersebut dengan warna-warna pastel untuk menciptakan nuansa yang hangat.

 

Alami dan Hangat

Pada dasarnya, negara-negara skandinavia memiliki iklim dingin. Maka, konsep desain rumah mereka cenderung menggunakan material-material yang cocok untuk cuaca dingin. Pada umumnya, material seperti kayu, karpet rami, serta kulit kerap digunakan.

Selain itu, unsur alam adalah salah satu hal yang penting dalam desain interior bergaya skandi. Tanaman serta balkon atau teras biasanya wajib ada dalam rumah ala skandinavia. Furnitur atau material berbahan kayu yang tidak dipoles juga bisa menjadi pilihan untuk menambahkan unsur alam dan nuansa outdoor.

 

Ramah Lingkungan

Tidak hanya penuh dengan elemen alam, desain rumah minimalis skandinavia kerap mengutamakan prinsip ramah lingkungan. Karena iklimnya yang dingin, warga di negara-negara skandinavia selalu berupaya untuk menghemat penggunaan energi di rumah-rumah mereka. Maka, mereka kerap menggunakan material-material organik yang dapat didaur ulang.

 

Hemat Energi dan Hemat Biaya

Memiliki rumah dengan konsep desain skandinavia tidak terlalu menguras budget. Untuk memaksimalkan hal tersebut adalah dengan cara tidak memiliki barang terlalu banyak di rumah. Prinsipnya; apabila kalian bosan dengan konsep interior rumah kalian, dan berkeinginan sekadar mendekorasi ulang untuk mendapatkan suasana baru, kalian tidak diwajibkan membeli perabotan baru. Gunakan yang sudah ada atau perbaiki yang lama. Jauh lebih hemat, bukan?

Gaya Skandinavia di Apartemen, 12 Ide Dekorasi Untuk Menciptakannya

Tetapi, apabila kalian terpaksa harus membeli perabotan baru karena sudah tidak bisa diperbaiki lagi, daripada menumpuk di rumah, kalian dapat menjualnya atau memberikannya pada yang membutuhkan. Interior rumah skandinavia kerap menggunakan jendela yang lebar dengan kaca bening. Hal tersebut dilakukan selain untuk menciptakan kesan luas dan terang, adalah agar penghuni dapat memaksimalkan cahaya matahari sebagai sumber penerangan utama pada siang hari sehingga tidak lagi perlu menggunakan lampu. Sangat hemat energi, bukan? Karena hal itu pula, jendela yang digunakan pada umumnya terkesan bersih tanpa gorden atau blind tebal. Namun, apabila kalian ingin menggunakan gorden, kalian dapat memilih gorden yang tipis agar tidak menghalangi cahaya matahari masuk ke ruangan.