DIY Hiasan Interior untuk Rumah Scandinavian

Konsep dari rumah yang berdesain scandinavian interior saat ini sudah mulai menjadi sebuah dekorasi yang sangat digemari oleh remaja-remaja yang ada di Indonesia. Nah, jika anda salah satu orang yang juga tertarik untuk ikut membuat hiasan ala Scandinavian, agar nantinya rumah anda tampak bergaya seperti rumah Scandinavian, maka anda harus membaca artikel ini sampai habis. Pada prinsipnya, scandinavian adalah sebuah style yang mengutamakan sisi fungsional tanpa harus menghilangkan sebuah sisi estetika dan keanggunan dari sebuah ruangan. Hal ini nantinya dilakukan dengan memadukan sebuah karakter warna yang hangat, seperti sentuhan kombinasi kayu dan warna putih, atau warna-warna yang terkesan minimalis seperti warna abu-abu dengan perpaduan warna putih.

DIY Hiasan Interior untuk Rumah Scandinavian

Saat ini, furnitur pendukung rumah ala scandinavian juga sudah bisa ditemukan pada home depot yang ada di sekitar anda. Tapi biasanya, yang di jual harganya relatif mahal. Lalu bagaimana cara mengkonsep ruangan rumah anda dengan dekorasi scandinavian, tapi menggunakan sebuah budget minimalis? Jawabannya adalah dengan menggunakan DIY (do it yourself). Artinya, anda yang harus membuat sendiri berbagai macam hiasan pendukungnya. Anda nantinya juga bisa melakukannya di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di sekitar kalian.

Ada beberapa yang juga dapat dijadikan sebagai sebuah hiasan pendukung scandinavian interior. Misalnya seperti rak gantung, gorden polos, tulisan minimalis yang ada dinding, pot tanaman, macrame dan juga dreamcatcher. Semuanya bisa anda buat sendiri dengan menggunakan bahan seadanya. Caranya? Simak penjelasan dibawah ini.

Pot Tanaman Hias

Gelas minum dengan bentuk yang unik dapat anda temukan di dapur, atau sebuah jar bekas selai yang nantinya bisa anda jadikan sebuah pt tanaman. Na, kedua benda ini nantinya cocok bisa anda tempatkan di dalam kamar tidur.

Tinggal di tambah dengan menggunakan batu koral yang bisa anda dapat dari toko kerajinan atau toko ikan dengan harga terjangkau. Jangan lupa untuk mengisinya dengan menggunakan sebuah tanaman hias, seperti daun monstera atau juga pohon calathea kecil ke dalamnya. Jika anda ingin yang lebih simpel? Masukkan sebuah tangkai bunga kering di di dalamnya.

Rak Dinding

Rak dinding putih merupakan sebuah reuse yang bisa anda dapatkan dari laci bekas yang bisa anda pilox dengan menggunakan cat warna putih. Caranya anda bisa menyiapkan laci bekas dan pilox warna putih. Kemudian lepas rel pada laci, kemudian bersihkan permukaan laci lalu pilox laci tersebut dengan full warna putih.

Sisa pilox nya nanti bisa anda gunakan untuk mewarnai beberapa macam furniture seperti halnya keranjang, baju kotor atau perabotan kecil yang lainnya. Pasti nanti hasilnya semakin memperkuat sebuah kesan scandinavian interior yang putih dan juga hangat.

Makrame (macrame)

Untuk membuat sebuah makrame, caranya cukup mudah anda nantinya hanya membutuhkan dahan kayu kering. Anda nantinya bisa mendapatkannya dari pohon yang ada di sekitar rumah anda. Atau kalau mau anda bisa membuat sendiri dengan menggunakan sumpit kayu. Gunakan sebuah benang kasur atau gunakan tali katun untuk membuat sebuah tali makramenya. Cara menyimpulnya pun juga sangat mudah dan nantinya dapat anda temukan pada Pinterest atau pada YouTube.

Tulisan Dinding Minimalis

Part ini adalah sebuah part yang paling mudah yang bisa anda gunakan untuk menambahkan interior Scandinavian. Anda dapat menemukan papan lapis yang sudah tidak terpakai sebelumnya, lalu desain tulisan yang anda inginkan di software desain seperti halnya Corel Draw atau Photoshop.

Beri sebuah ukuran sesuai dengan papan lapis yang nantinya akan anda temukan. Print juga bahan stiker kemudian tempelkan di papan lapis dan jadilah hiasan dinding ala Scandinavian yang anda inginkan. Jika tidak ada papan lapis, anda yang juga bisa menggunakan media apapun yang menurut anda bisa menggantikannya. Dan tidak hanya tulisan, dalam hal ini anda juga bisa mencetak gambar untuk hiasan dinding.

Gorden Polos

Rata-rata harga gorden dengan warna polos yaitu sekitar Rp 150.000/pcs. Nantinya anda yang dapat menekan biaya tersebut dengan membuat sebuah gorden sendiri yang anda inginkan. Caranya adalah belilah sebuah kain katun warna putih atau warna putih tulang seukuran dengan jendela kamar anda. Lalu kemudian jahit pada bagian atas, samping, dan bagian bawahnya. Dan taraa… Gorden minimalis ala interior Scandinavian sudah jadi.

Selain itu, dalam hal ini nantinya anda juga dapat menggunakan sprei berwarna polos atau karpet berwarna polos untuk menambahkan sebuah kesan Scandinavian di dalam interior ruangan anda. Tambahan juga seperti hiasan lampu tumblr warna warm white. Nantinya hal ini juga akan sangat mendukung suasana hangat yang ingin anda ciptakan.

Cermin Bulat

Cermin bisa juga menjadi salah satu elemen dekorasi yang menarik di dalam rumah. Benda ini nantinya akan menyatu dengan segala konsep desain, termasuk desain ala Scandinavian.

Anda bisa memesan sebuah cermin bulat dan kemudian bisa anda cat dengan warna grey atau warna putih netral. Cermin tersebut nantinya akan membuat ruangan anda lebih menarik. Anda juga bisa menggunakan cermin dengan berdiameter 55 cm. Nantinya anda bisa memajangnya di dalam ruang tamu di dalam kamar tidur sebagai sebuah pemanis.

Jam Dinding

Dalam desain apa saja, sebenarnya jam dinding adalah ornamen yang tidak boleh ditinggalkan. Tetapi modelnya memang juga harus disesuaikan dengan tema rumah anda nantinya. Dalam hal ini anda bisa membeli jam dinding dengan diameter 30 cm untuk menghiasi ruangan bergaya Scandinavian anda. Jam yang terbuat dari bahan dasar plastik dengan warna hitam yang kontras, namun tetap serasi dengan dinding anda yang berwarna putih khas Scandinavian.

Desain Scandinavian

Pada saat ini rumah dengan ukuran yang terbatas atau rumah dengan berukuran kecil sudah menjadi sebuah gaya hidup bagi para kaum urban modern. Dengan menerapkan sebuah interior Scandinavian tentunya akan menciptakan sebuah ruangan yang estetik dan juga rungan artistic namun tetap fungsional.

Gaya desain Scandinavian ini juga di ibarat kan seperti sihir atau jimat. Yang nantinya akan mampu menyulap atau mengubah tampilan rumah juga apartemen atau bahkan juga ruang-ruang komersial agar tampilannya tetap indah dan fungsional. Kesederhanaan namun juga fungsional menjadi sebuah kunci yang digunakan untuk kenyamanan ekstra yang bisa anda dapatkan dengan beberapa ide DIY interior di atas.

Bagaimana sudah ada gambaran untuk dekorasi ulang ruangan anda ? Gaya interior scandinavian ini bisa menjadi inspirasi ide dekorasi kamar kos anda juga. Anda juga bisa memanfaatkan beberapa barang yang sudah tidak terpakai untuk membuat interior ala scandinavian, selain menghemat budget menghiasnya akan memberikan kegiatan positif untuk anda mengisi waktu luang. Selamat mencoba!